Sentra Industri Tahu di Dukuh Turiharjo

Sentra Industri Tahu di Dukuh Turiharjo

Ada yang tak mengenal atau belum pernah mengonsumsi tahu? Pastinya hampir semua sudah pernah, mengingat makanan ini sangat populer di Indonesia dengan harga yang sangat terjangkau. Tahu biasa digoreng dan dijadikan lauk pauk atau dimasak menjadi beraneka masakan.

Di Desa Madegondo terdapat sentra industri pembuatan tahu, tepatnya di Dukuh Turiharjo, kampung yang berada di sebelah barat Pasar Grogol. Industri tahu di dukuh ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan dijalankan secara turun menurun. Hingga saat ini, ada delapan tempat pembuatan tahu di Dukuh Turiharjo. Proses pembuatannya dilakukan sendiri oleh warga setempat dan menjadi mata pencaharian masyarakat. Sentra industri tahu di dukuh Turiharjo melayani pembelian eceran maupun pembelian dalam jumlah besar.

Tahu dibuat dari bahan baku kedelai. Proses pembuatannya, kedelai direndam selama satu malam untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah bersih, kedelai digiling hingga halus kemudian dimasak dengan pembakaran uap selama setengah jam. Sari kedelai kemudian disaring dan disisihkan ampasnya. Ampas ini bisa menjadi produk sampingan berupa ‘gembus’. Tahap selanjutnya adalah tahap pendinginan. Masukkan kedelai ke dalam cetakan dan letakkan batu di atasnya agar air sisa perebusan terbuang. Setelah lima belas menit, jadilah tahu yang siap di potong.