Studi Banding KTDM

Studi Banding KTDM

Untuk sebuah organisasi, studi banding merupakan kegiatan yang sangat perlu untuk dilakukan. Selain untuk menambah ilmu dan wawasan, studi banding juga menambah jaringan yang tentunya akan sangat berguna bagi keberjalanan organisasi ke depan. Begitu pula yang dilakukan oleh KTDM akhir Februari lalu.

Minggu, 26 Februari 2017, KTDM melakukan studi banding ke Karang Taruna Dipo Ratna Muda di Desa Guwosari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Karang Taruna Dipo Ratna sendiri adalah pemenang Karang Taruna berprestasi tingkat nasional tahun 2016. “Kami ingin belajar kepada teman-teman Dipo Ratna Muda”, ujar ketua KTDM, Agus Supriyanto.

Agus Supriyanto, ketua KTDM, sengaja memprogramkan kegiatan studi banding ini di awal kepengurusan untuk membuka wawasan pengurus tentang program kerja dan kemitraan yang bisa dijalin oleh Karang Taruna. “Kegiatan ini juga sebagai sarana pengakraban pengurus baru agar lebih solid”, tambah Agus.

Kegiatan yang diketuai oleh Muhammad Ridho ini selain diikuti oleh pemuda-pemudi dari beberapa kampung di Madegondo juga diikuti oleh pemuda dari luar Madeegondo, antara lain dari Desa Telukan, Baki, Sukoharjo, dan Karanganyar. “Panitia memang tidak menutup kemungkinan jika ada pemuda lain dari luar Madegondo yang ingin ikut, selama masih ada kuota ya kami izinkan. Namun prioritasnya memang pemuda-pemudi Madegondo terlebih dahulu”, ungkap Ridho.

Dalam studi banding ini, KT Dipo Ratna Muda juga telah menyiapkan paket wisata susur Gua Selarong dan Canyoning Curug Selarong yang selama ini dikelolanya. Semoga kegiatan ini bermanfaat sekaligus menambah motivasi peserta dalam berorganisasi karang taruna dan mengaplikasikan ilmu yang didapat ke karang taruna kampung masing-masing.